Nongki.net – Taman Mini Indonesia Indah atau TMII, adalah taman rekreasi atau wisata keluarga yang menggambarkan keberagaman bangsa Indonesia dan mewakili seluruh entitas dan budaya yang ada di segenap kepulauan Nusantara.

Taman Mini (TMII) adalah tempat wisata yang edukatif dan bernuansa kebangsaan.

Rumah Mini Budaya Indonesia

Ditengah menjamurnya beragam wahana dan taman hiburan berorientasi modern saat ini, TMII menjadi satu-satunya taman hiburan untuk rakyat yang benar-benar edukatif dan kompetitif.

TMII menjadi pilihan utama bagi kita yang ingin betul-betul mengenali ragam budaya bangsa Indonesia.

Sebagai salah satu taman hiburan tertua di Jakarta, TMII memang sudah dikenal sejak lama oleh masyarakat Indonesia. Lalu siapa dibalik berdirinya taman miniatur Indonesia tersebut?

Penggagas Taman Mini

Adalah Ibu Negara Siti Hartinah atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ibu Tien Soeharto, yang memiliki gagasan untuk menciptakan sebuah taman yang mampu merepresentasikan keberagaman budaya di Indonesia.

Gagasan untuk membangun miniatur Indonesia ini bermula pada tanggal 13 Maret 1970, dalam sebuah pertemuan di Jalan Cendana No. 8 Jakarta.

Sejak itu, disepakatilah suatu pembangunan yang disebut sebagai Proyek Miniatur Indonesia Indah. Yayasan Harapan Kita kemudian diberi tugas untuk membangun Taman Mini Indonesia Indah atau TMII tersebut.

Tahun Awal Pembangunan

Keunggulan TMII

Dibanding taman hiburan lain, TMII memiliki kelebihan yang tak dimiliki oleh tempat-tempat wisata lainnya.

Selain arsitektur bangunan yang menggambarkan seluruh kebudayaan nusantara, lanskap atau panorama di TMII juga benar-benar mewakili suasana Indonesia secara keseluruhan.

Selain itu, ada juga beberapa wahana seperti kereta gantung atau gondola, perahu air atau atau gratis naik kereta mini berkeliling TMII.

Terdapat 26 Provinsi Pada Awal Pembangunan

Pada awal pembangunannya, keberagaman arsitektur dan budaya di TMII hanya mencakup 26 provinsi, sesuai dengan jumlah provinsi di Indonesia saat itu.

Tiap-tiap provinsi akan diwakili oleh sebuah anjungan yang merupakan rumah besar dengan ornamen dan khazanah budaya yang disesuaikan dengan daerah asal anjungan atau rumah adat tersebut.

Selain Anjungan, terdapat juga puluhan taman, museum, wahana hiburan, teater dan masih banyak sarana wisata edukatif lainnya.

Danau Membentuk Kepulauan Indonesia

Terdapat juga sebuah danau yang ditengahnya terdapat pulau-pulau yang membentuk kepulauan Nusantara Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Dengan harga tiket yang relatif murah dibanding taman hiburan lainnya, tak ada yang menyangkal jika TMII memang didesain dan dibangun untuk memberi hiburan dan pendidikan bagi masyarakat Indonesia.

Hingga awal tahun 1990-an, TMII masih menjadi pilihan utama para orang tua yang ingin berwisata sekaligus memberikan edukasi bagi putera-puterinya.

Sebagai Tempat Acara Hari Spesial

Pada waktu-waktu tertentu seperti peringatan hari besar keagamaan, Taman Mini akan menggelar kegiatan religius yang berkaitan langsung dengan hari tersebut.

Khusus menjelang tahun baru, taman mini akan menggelar beragam hiburan rakyat dengan mendatangkan artis-artis top Ibukota, hingga pagelaran budaya wayang kulit semalam suntuk.

Baca Juga:  Lampung, Pilihan Tempat Wisata Selain Puncak Saat Akhir Pekan

Meski saat ini telah berdiri beragam taman hiburan yang beberapa diantaranya bahkan bertaraf internasional, namun TMII tetap mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia.

Taman Mini Indonesia Indah menggambaran sejarah dan perjalanan bangsa Indonesia yang dibangun berdasar ide Ibu Tien Soeharto di era Orde Baru.

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini