Nongki.net – Tottenham dipaksa bertekuk lutut saat menjamu Ajax Amsterdam pada leg pertama babak semifinal Liga Champions 2018/2019, Rabu (01/5). Tottenham takluk 0-1 dan dihadapkan pada situasi yang cukup sulit jika ingin lolos ke final.

Gol tunggal penentu kemenangan Ajax dicetak oleh Donny van de Beek pada menit 15. Gol itu tercipta dari assist Hakim Ziyech.

Tottenham terlambat panas. Mereka tampil lebih baik di babak kedua. Hanya saja, itu tak cukup untuk setidaknya memaksakan hasil imbang.

Namun manajer Tottenham Mauricio Pochettino menegaskan bahwa timnya belum menyerah. Pochettino pun mengatakan kalau timnya akan berjuang untuk menang saat ganti bertandang ke Amsterdam pekan depan.

Tottenham Takluk 0-1 Oleh Ajax di Leg Pertama Semifinal Liga Champions 2019 - Nongki.net
Tottenham Takluk 0-1 Oleh Ajax di Leg Pertama Semifinal Liga Champions 2019 – Nongki.net

Masih Ada Peluang di Leg Kedua

“Saya rasa kami tidak mengawali babak pertama dengan cara yang bagus. Mereka menunjukkan energi lebih dibandingkan kami. Kurangnya energi itu membuat laga jadi sulit,” kata Pochettino.

“Kami mulai bermain lebih baik seiring berjalannya waktu, dan menunjukkan permainan yang sebenarnya ingin kami tampilkan sejak awal.”

“Kami masih hidup. Kami hanya kalah 0-1. Kami harus tetap percaya kami akan ke sana untuk menang.”

Sepanjang laga, Tottenham mencatatkan 12 tembakan, dan 10 oleh Ajax. Namun Tottenham kalah 1-2 untuk urusan tembakan tepat sasaran. Ajax mencetak satu gol dari dua peluang mereka.

“Di babak kedua, kami menekan balik mereka, tapi kami tak menciptakan cukup peluang. Jika Anda menganalisis gol tersebut, itu karena kami lengah. Cara kami memainkan pertandingan ini tidak bagus.”

“Tanggung jawab sepenuhnya di tangan saya, karena saya adalah manajernya,” imbuh Pochettino.

Baca Juga:  Dibantai Everton 4-0, MU Makin Sulit Finis Empat Besar Premier League

Susunan Pemain dan Taktik Lapangan

Susunan Pemain dan Taktik Lapangan Tottenham vs Ajax Amsterdam di Leg Pertama Semifinal Liga Champions 2019 - Nongki.net
Susunan Pemain dan Taktik Lapangan Tottenham vs Ajax Amsterdam di Leg Pertama Semifinal Liga Champions 2019 – Nongki.net

Tottenham terpaksa menyerah 0-1 saat menjamu Ajax Amsterdam pada leg pertama babak semifinal Liga Champions 2018/2019. Tottenham bisa dibilang beruntung tidak sampai kalah 0-2. Adapun susunan pemain dan taktik lapangan antara kedua tim adalah:

Susunan Pemain Tottenham Hotspur

Mengusung formasi pemain 3-1-4-2, tim tuan rumah Tottenham menurunkan pemain terbaiknya yang terdiri dari:

H. Lloris (Kiper); T. Aderweireld; D. Sanchez; J. Vertonghen; V. Wanyama; K. Trippier; D. Rose; C. Eriksen; D. Ali; F. Llorente; Lucas Moura.

Susunan Pemain Ajax Amsterdam

Bermain sebagai tim tamu, Ajax Amsterdam sukses meraih kemenangan atas Tottenham. Mengusung formasi lapangan 4-2-3-1, tim asal Belanda ini menurunkan beberapa tim inti diantaranya yaitu:

A. Onana (Kiper); N. Tagliafico; D. Blind; M. de Ligt; J. Veltman; F. de Jong; L. Schene; D. Neres; D. van de Beek; H. Ziyech; D. Tadic.

Gol tunggal penentu kemenangan Ajax dicetak oleh Donny van de Beek pada menit 15. Gol itu tercipta dari assist Hakim Ziyech.

Ajax sejatinya memiliki satu peluang emas lain, yakni lewat tembakan David Neres di menit 77. Namun peluang itu digagalkan tiang gawang.

Perlu Mengubah Cara Main

“Kami di semifinal dan perlu tampil lebih baik,” kata Eriksen.

“Kami beruntung mereka mengenai tiang, karena 2-0 akan menjadi laga yang benar-benar berbeda buat kami pekan depan. Kami harus mengubah cara main kami pekan depan,” tegas mantan gelandang Ajax tersebut.

Jika ingin coba membalikkan situasi, Tottenham harus memperbaiki cara mereka mengawali pertandingan. Pasalnya, di leg pertama ini, Tottenham main bagus cuma setelah jeda.

“Start kami tidak bagus,” kata gelandang Moussa Sissoko. “Mungkin kami sedikit terintimidasi dengan ketakutan. Kami kurang agresif.”

“Turun dari bangku cadangan, saya berusaha memberikan tambahan kekuatan fisik pada tim. Babak kedua lebih baik,” imbuhnya.

Statistik Permainan

Statistik Pertandingan Tottenham vs Ajax Amsterdam di Leg Pertama Semifinal Liga Champions 2019 - Nongki.net
Statistik Pertandingan Tottenham vs Ajax Amsterdam di Leg Pertama Semifinal Liga Champions 2019 – Nongki.net

Tottenham takluk 0-1 saat menjamu Ajax Amsterdam di kandang sendiri yaitu Tottenham Hotspur Stadium. Penyebab kekalahan Tottenham salah satunya karena mereka terlambat panas.

Secara statistik pertandingan sebenarnya Tottenham berada di atas Ajax Amsterdam, namun hingga peluit terakhir Tottenham tidak mampu menuntaskan peluang dan membalikan keadaan.

Selama pertandingan, penguasaan bola Tottenham berada di angka 52% berbanding 48% untuk Ajax. Namun ajax lebih unggul pada tendangan ke arah gawang yaitu 2 kali dan 1 kali sukses membuahkan gol. Sedangkan Tottenham hanya mampu menciptakan 1 kali tendangan ke arah gawang namun bola belum bersarang ke jaring gawang.

Di 20 menit pertama, Tottenham cuma jadi penonton dan gagal menampilkan permainan terbaiknya. Christian Eriksen mengakui kalau itu adalah sebuah kesalahan besar.

“Kami di bawah standar dan sama sekali tidak menampilkan permainan terbaik kami,” kata Eriksen.

20 Menit Pertama Hanya Melihat Bola

“Selama 20 menit pertama kami hanya melihat bola, dan melawan tim yang menyukai possession itu adalah sebuah kesalahan,” lanjut mantan gelandang serang Ajax tersebut.

“Kami harus mengubahnya. Kami membuat mereka terlihat bagus dan membantu mereka mendapatkan kesan bahwa mereka bisa mengendalikan situasi.”

Tottenham bermain lebih baik di babak kedua. Namun itu tak cukup buat mereka.

Sepanjang laga, Tottenham bahkan cuma mampu mencatatkan satu tembakan sasaran, yakni melalui Dele Alli di menit 49. Peluang itu dimentahkan oleh kiper Andre Onana.

“Kami menyerang lebih baik di babak kedua, tapi seharusnya kami tak bermain seperti itu di babak pertama. Kami semua merasa kecewa karena kami gagal menampilkan level permainan yang sebenarnya.”

Leg kedua di Amsterdam akan digelar seminggu lagi. Tottenham harus bermain jauh lebih baik jika ingin mencoba membalikkan situasi.

Baca Juga:  Ini Dia Tim Yang Lolos Dan Jadwal Pertandingan Perempat Final Liga Champions 2019

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini