Nongki.net – Kuil Buddha Wat Phra That Doi Suthep adalah sebuah kuil suci dan paling penting di Chiang Mai, Thailand. Kuil yang dibangun pada awal abad ke-19 ini memiliki struktur bangunan yang luar biasa dengan detail ukiran memesona. Bagi Anda yang menginginkan pengalaman wisata yang penuh dengan ketenangan dan kedamaian, maka kuil Wat Phra That Doi Suthep adalah tempatnya.

Tentang Kuil Wat Phra That Doi Suthep

Kuil Buddha Wat Phra That Doi Suthep merupakan sebuah tempat suci bagi rakyat Thailand. Kuil yang berjarak kurang lebih 15 kilometer dari kota Chiang Mai ini memiliki patung ular berkepala tujuh. Kuil ini terletak di sebuah bukit di daerah dataran tinggi, Anda diharuskan menaiki sekitar 309 anak tangga sebelum mencapai teras kuil. Setibanya Anda di kuil tersebut, Anda akan langsung disuguhkan pemandangan kota Chiang Mai yang menakjubkan dari kejauhan. Kuil ini biasa di sebut Doi Suthep saja, yang merupakan nama gunung tempat kuil ini berdiri.

Baca Juga:  Mario Maurer Rekomendasikan Tiga Wisata Thailand Ini

Lokasi Kuil

Lokasi Kuil Thailand
Lokasi Kuil Thailand – ©traveltriangle.com

Kuil Buddha Wat Phra That Doi Suthep terletak di sebuah dataran tinggi gunung yang bernama Doi Suthep. Letak kuil ini berjarak sekitar 15 kilometer atau 9,3 mil ke arah barat dari kota Chiang Mai. Kuil Doi Suthep juga merupakan salah satu kuil Buddha paling terkenal di Thailand Utara. Kuil ini adalah sebuah situs suci bagi banyak orang umat Buddha di Thailand.

Sejarah Kuil

Sejarah Kuil Buddha Thailand
Sejarah Kuil Buddha Thailand – ©traveltriangle.com

Terletak di jantung Thailand, kuil Wat Phra That Doi Suthep didirikan pada tahun 1383 oleh seorang raja bernama Raja Keu Naone untuk mengabadikan sepotong tulang yang dipercaya merupakan bagian dari bahu sang Buddha.

Potongan tulang tersebut dibawa oleh seorang rahib pengembara yang agung dari Kerajaan Sukhothai (pada tahun 1238 – 1438) yang bernama Lanna. Tulang tersebut kemudian dipecah menjadi 2 bagian dan dikuburkan di 2 tempat, salah satunya adalah di gunung Doi Suthep tempat kuil Buddha ini berdiri Sedangkan bagian tulang lainnya dikubur di kuil Wat Suan Dok.

Salah satu potongan tulang dipasang pada seekor gajah putih suci (simbol penting di Thailand) yang kemudian dilepas ke alam liar. Disebutkan bahwa gajah putih tersebut telah mendaki hingga puncak Doi Suthep dan berhenti. Sang gajah kemudian berseru tiga kali lalu mati. Hal ini ditafsirkan sebagai pertanda, atas perintah dari Raja Keu Naone dimulailah pembangunan kuil di atas gunung Doi Suthep.

Koleksi Kuil

Koleksi Kuil Buddha Suci
Koleksi Kuil Buddha Suci – ©traveltriangle.com

Kompleks Kuil Wat Phra That Doi Suthep terdiri dari beberapa bangunan yang berfungsi sebagai paviliun, pagoda, patung serta wihara. Pengunjung yang datang kesini juga dapat melihat museum yang dibangun di dalam area kuil untuk menyaksikan beberapa peninggalan kuno, foto-foto, barang kuno koleksi kuil. Sedangkan bangunan paviliun digunakan sebagai tempat tinggal para biksu.

Selain itu, Anda juga akan melihat aula tempat berdoa bernama Ubosot, beberapa toko souvenir, serta restoran yang menyediakan makanan dan minuman.

Biaya Masuk Kuil: 30 Bath per orang

Baca Juga:  5 Hal Luar Biasa Untuk Dilakukan di Seminyak Bali

Cara Menuju Kuil

Cara Menuju Wat Phra That Doi Suthep
Cara Menuju Wat Phra That Doi Suthep – ©traveltriangle.com

Terdapat beberapa alternatif cara bagi Anda yang ingin berwisata ke Kuil Wat Phra That Doi Suthep. Jika Anda ingin menggunakan mobil pribadi, Anda dapat mengambil rute melewati Huai Kaew – Universitas Chiang Mai – Kebun Binatang Chiang Mai. Jalur tersebut akan mengantarkan Anda menuju kuil suci Wat Phra That Doi Suthep.

Sedangkan jika Anda ingin menggunakan bus, Anda dapat memilih Songthaews merah yang berangkat dari Jalan Huay Kaew dekat dengan kebun binatang. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk bus tersebut sebesar 40 Bath per orang untuk satu kali perjalanan.

Namun jika Anda ingin menyewa supir pribadi untuk mengantarkan Anda sekali perjalanan, biaya yang harus dikeluarkan sebesar 300 Bath dan 500 Bath untuk pulang – pergi.

Sesampainya di kaki gunung Doi Suthep, Anda harus menaiki 309 anak tangga untuk menuju kuil. Namun jika Anda tidak sanggup untuk menaiki tangga tersebut, disediakan pula kereta gantung yang dapat mengantarkan Anda ke puncak dengan biaya 50 Bath. Kereta ini beroperasi mulai pukul 06.00 – 18.00.

Tips Mengunjungi Kuil

Tips Mengunjungi Situs Suci
Tips Mengunjungi Situs Suci – ©traveltriangle.com

Sebelum Anda berencana mengunjungi kuil, ada baiknya jika Anda menyimak beberapa hal agar tidak terjadi kesalahan. Sebaiknya gunakan celana panjang yang tertutup ketika akan pergi ke kuil. Anda akan diwajibkan mengenakan sarung yang disediakan oleh kuil jika Anda menggunakan celana pendek.

Pakailah sepatu flat yang datar karena Anda akan menaiki beberapa anak tangga yang berjumlah 309. Pastikan sepatu yang akan Anda gunakan nyaman ketika menjelajahi kuil. Selain itu, kamera dan tripod masih dapat diizinkan untuk masuk ke area kuil.

Selalu menjaga sopan santun karena kuil ini dijaga ketat oleh aparat keamanan bersenjata. Kuil Buddha suci ini juga memiliki festival rutin tahunan bernama Fesival Tiaw Khuen Doi. Festival ini dilakukan dalam rangka penyembahan terhadap Buddha merefleksikannya dengan melakukan perjalanan ke Bukit Doi Suthep untuk memuja relik Buddha yang diabadikan di sana.

Baca Juga:  Berbasah-basah Ria di Festival Songkran Thailand

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini