Nongki.net – Saat Anda berlibur ke Australia, sempatkan untuk berwisata ke kota Sydney yang terletak di negara bagian New South Wales.

Sydney merupakan kota terbesar yang ada di Australia dan termasuk salah satu kawasan wisata unggulan terutama untuk para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Satu yang menjadi kebanggaan dari kota Sydney adalah wisata tepi pantainya yang sangat memesona, panjang tepi kota ini mencapai 250 kilometer. Dari sini, Anda dapat melihat barisan gedung-gedung pencakar langit yang tertata rapi serta teratur dengan suasana kota modern yang nyaman dan aman.

Selain tepi pantainya, Sydney juga memiliki satu bangun indah yang telah menjadi ikon kota dan terkenal di seluruh dunia yaitu Sydney Opera House (Gedung Opera Sydney). Hingga saat ini gedung tersebut masih aktif difungsikan sebagai tempat pertunjukan.

Penasaran dengan salah satu ikon kota Sydney ini? Yuk kita simak beberapa informasi berikut:

Baca Juga:  5 Tempat Wisata Gratis Saat Liburan Ke Jepang

Sejarah Sydney Opera House

Sydney Opera House Australia - ©sydneyoperahouse.com
Sydney Opera House Australia – ©sydneyoperahouse.com

Sydney Opera House adalah sebuah gedung pertunjukan seni yang paling terkenal di Australia dan dunia. Gedung yang merupakan salah satu warisan dunia UNESCO ini dibangun pada tahun 1959 oleh seorang arsitek keturunan Denmark yang bernama Jorn Utron.

Kemudian pada tahun 1959, Ratu Elizabeth II turut ambil bagian dengan meresmikan bangunan tersebut. Gedung Opera Sydney dibangun di atas lahan seluas 2,2 hektar.

Bangunan yang dibangun pada abad ke 20 ini telah resmi menjadi daftar situs warisan dunis UNESCO sejak tahun 2007. Dan telah menarik jutaan wisatawan karena bentuknya yang unik menyerupai cangkang.

Fungsi Sydney Opera House

Sydney Harbour Bridge Australia - ©wikipedia.com
Sydney Harbour Bridge Australia – ©wikipedia.com

Setiap harinya selalu ada pertunjukan seni di gedung yang menjadi ikon kota Sydney itu. Pertunjukan seni yang biasanya ditampilkan di Opera House antara lain konser musik pop, jazz, rock, musik rakyat, dansa, drama, opera, teater, bioskop dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika berkunjung ke Sydney pasti yang langsung terlintas di benak anak backpacker pasti Gedung Opera Sydney? Yup salah satu tempat wisata yang harus kalian kunjungi jika bertandang ke Sydney adalah Gedung Opera Sydney yang letaknya berada di Bennelong Point, Sydney.

Liburan ke Sydney tidak akan lengkap jika belum datang ke gedung yang bentuknya seperti cangkang keong ini.

Beberapa ruangan yang bisa Anda temukan di dalam Gedung Opera Sydney adalah 1000 ruangan yang terdapat di dalam gedung serta 6 ruangan utama yang terdiri dari Concert Hall, Drama Theatre, Playhouse, Studio, Reception Hall dan Opera Theatre.

Selain itu fasilitas lain yang bisa Anda temukan di Opera House antara lain restoran mewah, ruang istirahat, ruang ganti serta toilet.

Uniknya, Gedung Opera House Sydney dikelilingi oleh sejumlah tempat wisata menarik yang ada di Sydney. Di sisi barat terdapat Sydney Harbour Bridge, di sisi timur terdapat Teluk Farm, di sisi utara ada Teluk Sydney dan di sisi selatan terdapat gedung pencakar langit.

Baca Juga:  VIDEO: Melirik Megahnya Singapura Dari Skypark Marina Bay Sands

Harga Tiket Masuk Sydney Opera House

Untuk anak backpacker yang ingin berwisata ke Opera House, gedung ini beroperasi setiap hari Senin – Jumat pukul 09.00 – 17.00 waktu setempat. Harga tiket masuk yang dikenakan bagi tiap pengunjung akan bervariasi, tergantung dari jenis pertunjukannya. Namun rentang harga yang dikenakan sebesar $35 – $200 (dollar Australian) per orang.

Jika Anda tertarik untuk masuk dan menonton pertunjukan di Sydney Opera House, silakan cek jadwal, pertujukan dan pemesanan pada link berikut: www.sydneyoperahouse.com

Akses Menuju Sydney Opera House

Sydney Central Bussiness District - ©pinterest.com
Sydney Central Bussiness District – ©pinterest.com

Akses menuju ke Opera House terbilang cukup mudah. Karena letak gedung ini berada di jantung kota Sydney sehingga banyak cara untuk menuju ke sana. Jika Anda adalah seorang backpaker dengan budget terbatas, Anda dapat mencoba layanan Bus 555 gratis yang disediakan khusus oleh pemerintah Australia. Bus 555 ini beroperasi setiap hari sejak pukul 09.30 hingga 21.00 waktu setempat.

Bus ini berjalan dari Sydney Central Bussiness District (Sydney CBD) hingga ke Circular Quay. Pilihan lain untuk sampai ke Gedung Opera adalah dengan menaiki bus yang tersedia setiap 10 menit sekali di CBD, Elizabet Street atau George Street.

Selain bus, Anda juga dapat menggunakan alternatif transportasi lain yaitu taksi air. Jalur ini merupakan akses yang paling menyenangkan. Karena Anda diajak berkeliling menggunakan perahu wisata dengan dak terbuka. Sehingga dapat menikmati pemandangan sepanjang aliran Port Jackson dan melewati Sydney Harbour Bridge.

Harga yang ditawarkan untuk menggunakan taksi air ini memang cukup beragam. Tergantung dari jarak dan lokasi penjemputan sebelum menuju Opera House. Jika Anda tertarik, Anda terlebih dahulu melakukan pemesanan melalui situs resmi berikut ini: www.watertaxis.com.au

Selain sebagai tempat wisata dan gedung pertunjukan untuk publik, Opera House juga menjadi markas dari kelompok musik Opera Australia, Sydney Theatre Company, serta Sydney Symphony Orchestra.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi kota Sydney pada liburan selanjutnya?

Baca Juga:  VIDEO: Pesona Tempat Wisata Malaysia Bagi Para Traveler

 

 

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini