Wisata Malaysia dan Hal-hal Yang Perlu Anda Ketahui

0
344
Wisata Malaysia dan Hal-hal Yang Perlu Anda Ketahui - ©wtjournal.com

Nongki.net – Malaysia sudah menjadi salah satu negara tujuan wisata favorit bagi masyarakat Indonesia. Selain tiket penerbangannya yang murah, faktor bahasa juga menjadi salah satu penentu karena masih mudah dipahami karena mirip dengan Bahasa Indonesia.

Berwisata ke Malaysia akan memberikan Anda kesempatan untuk melihat perpaduan budaya antara orang Melayu, Cina dan India serta beberapa penduduk asli di satu tempat. Kuala Lumpur sebagai kota terbesar di Malaysia adalah tempat berkumpulnya budaya Timur Tengah, Asia Selatan dan beberapa budaya lainnya.

Tidak mengherankan jika Anda akan merasakan makanan, festival, musik dan tradisi dari berbagai kelompok etnis dalam satu tempat, yaitu Malaysia. Namun sebelum Anda membeli tiket pesawat dan berencana berlibur ke Malaysia, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal tentang Malaysia. Pada artikel kali ini, Nongki.net telah merangkum beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang wisata dan Malaysia. Apa saja? Yuk kita simak artikel selengkapnya!

Baca Juga:  6 Tempat Wisata Anti Mainstream di Kuala Lumpur Malaysia

Informasi Umum Tentang Malaysia

Secara umum, berwisata ke Malaysia sangat mudah dilakukan. Meskipun Anda tidak begitu mengerti dengan bahasa Melayu, bahasa Inggris bisa menjadi alternatif karena telah digunakan secara luas oleh penduduk sana. Berkomunikasi dengan warga lokal jarang menimbulkan masalah terutama di destinasi wisata teratas seperti Kuala Lumpur. Infrastruktur jalan dan pilihan transportasi pada umumnya sangat baik. Anda dapat memilih menggunakan taksi online, LRT, MRT, kereta api, maupun bus.

Selain itu Anda juga masih bisa melakukan liburan ala backpack dengan anggaran terbatas. Malaysia masih menawarkan biaya akomodasi, hotel dan penginapan yang terjangkau. Dalam hal kuliner, Anda juga bisa mencicipi jajanan gerobak ala street food yang tentunya ramah di kantong sembari mencicipi hidangan khas masyarakat lokal. Sebagai negara dengan mayoritas muslim, Anda tentu tidak perlu khawatir untuk menemukan makanan halal. Karena Malaysia menyediakan santapan lezat yang ramah bagi wisatawan muslim.

Selain beberapa informasi di atas, berikut terdapat informasi lain yang perlu Anda ketahui tentang Malaysia:

  • Zona Waktu: GMT +8 jam (Lebih cepat 1 jam bila dibandingkan Jakarta atau WIB)
  • Kode Telepon Negara: +60
  • Ibu Kota Negara: Kuala Lumpur (Populasi 1,77 juta orang)
  • Agama Mayoritas: Islam
  • Populasi Negara: 32 juta orang
  • Sebaran Etnis: 68,8% Melayu; 23,2% Chinese; 11,8% India; 1% lain-lain.
  • Usia Harapan Hidup: 74,5 tahun (Gabungan Lakilaki dan Perempuan berdasarkan data PBB)
  • Mata Uang: Malaysia Ringgit (MYR)
  • GDP per Kapita: US $11,237
  • Bahasa Utama: Melayu
  • Bahasa Kedua: Inggris

Malaysia Barat dan Timur

Wilayah Malaysia terbagi atas 2 tempat yaitu Malaysia Barat atau biasa disebut juga sebagai Semenanjung Malaysia. Malaysia Barat termasuk di dalamnya adalah Kuala Lumpur, Selangor, Putra Jaya serta pulau-pulau yang berada di sekitar daratan tersebut.

Wilayah lainnya yaitu Malaysia Timur yang mencakup Serawak, Sabah serta wilayah federal lainnya yang terletak di Pulau Kalimantan. Kalimantan merupakan pulau terbesar ketiga di dunia. Orang Malaysia biasa menyebut Malaysia Timur sebagai Malaysia Borneo.

Saat berlibur ke Malaysia, para pelancong dapat berinteraksi dengan orang-orang dari beragam etnis yang berbeda. Dalam situasi apa pun, Anda akan sering menemukan orang Melayu, Cina dan India. Namun dalam kehidupan sehari-hari, mereka terbiasa berkomunikasi dengan bahasa Melayu atau Inggris.

Selain ketiga etnis tersebut, jika Anda pergi berlibur ke Malaysia Borneo, Anda akan menemukan kelompok pribumi yaitu suku Dayak Kalimantan. Suku ini terdiri dari 200 suku dan sub kelompok lainnya. Masing-masing dari mereka memiliki kebiasaan dan bahasa yang berbeda-beda. Menarik bukan?

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Terbaik di Filipina

Jaringan ATM di Malaysia

Saat Anda pergi berwisata ke Malaysia, Anda dapat menemukan jaringan mesin ATM di seluruh penjuru. Untuk penukaran uang tunai, Anda juga dapat menukarkannya di beberapa tempat penukaran uang baik yang berada di mall atau beberapa tempat wisata. Kartu kredit pun bisa digunakan di berbagai hotel dan pusat perbelanjaan. Tentu dengan tambahan biaya tertentu karena perbedaan nilai tukar uang. Namun sebelum melakukan transaksi non-tunai, pastikan bahwa kartu yang Anda miliki telah terdapat logo Visa atau Mastercard.

Ringgit Malaysia terdiri dari beberapa pecahan uang yaitu RM1, RM5, RM10, RM20, RM50 dan RM100. Mesin ATM biasanya hanya menyediakan pecahan RM50 atau RM100. Namun jika memungkinkan, Anda dapat menemukan ATM dengan pecahan uang yang lebih kecil. Selain itu, pemberian uang tip di Malaysia tidak lazim dilakukan. Karena biaya layanan biasanya sudah ditambahkan ke tagihan hotel atau restoran.

Tempat Populer Untuk Dikunjungi di Malaysia

Meskipun Malaysia memiliki banyak sekali tempat wisata dan spot menarik, namun beberapa tempat yang akan Nongki.net jabarkan berikut ini adalah tempat yang populer dikunjungi oleh para wisatawan.

1. Kuala Lumpur

Kuala Lumpur adalah kota terbesar dan merupakan ibukota dari negara Malaysia. Kuala Lumpur akan tampak sibuk dan sedikit kumuh karena merupakan daerah perkotaan. Di Kuala Lumpur juga Anda akan menemukan beberapa bangunan ikonik seperti Menara Petronas serta KL Tower.

Selain memiliki bangunan landmark yang terkenal, Kuala Lumpur juga menawarkan ragam kuliner yang menarik untuk Anda cicipi.

2. Penang

Penang merupakan salah satu kota bersejarah. Kota ini memiliki beberapa bangunan yang telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Bangunan sisa-sisa perang di zaman kolonial masih tampak terlihat di wilayah ini. Selain itu, pulau besar di lepas pantai barat Malaysia dan pemukiman Georgetown terkenal akan pemandangan dan kulinernya. Di wilayah ini juga Anda dapat melihat beberapa warisan budaya yang multikultural.

3. Malaka

Bangunan peninggalan sejarah kolonial dan pesona wisata sejarah akan menyambut Anda jika berkunjung ke Malaka. Kota ini juga memiliki beberapa bangunan yang telah diresmikan sebagai situs warisan budaya UNESCO. Terdapat satu bangunan ikonik yang terkenal di kota kecil dan bersih ini, yaitu Gereja Merah Malaka.

4. Kepulauan Langkawi

Langkawi dan Pulau Tioman adalah pulau yang sangat populer dikunjungi oleh para wisatawan. Beberapa kepulauan yang lain juga memiliki kepribadian yang berbeda serta pantai-pantai yang terbaik. Selain itu, Anda juga dapat menikmati pemandangan taman bawah laut di tempat ini.

5. Borneo

Pulau Borneo atau Kalimantan adalah pulau terbesar ketiga di dunia. Di pulau ini, terdapat 3 wilayah negara yang berbeda yaitu Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Di wilayah Malaysia Borneo, Anda akan menemukan kehidupan alam liar yang masih sangat alami. Hutan hijau, orangutan, dan bekantan adalah hewan endemik yang hanya hidup di pulau Kalimantan. Terdapat juga taman nasional yang dipenuhi dengan ditumbuhi berbagai jenis tanaman khas hutan hujan tropis.

6. Dataran Tinggi Cameron

Jika Anda mencari suasana yang sejuk khas daerah pegunungan, maka dataran tinggi Cameron adalah tempat yang cocok untuk Anda. Cameron Highland memiliki suhu dan cuaca yang lebih sejuk dari pada tempat lainnya di Malaysia. Angin sepoi-sepoi dan suasana yang sepi akan membuat perasaan damai bagi setiap pengunjung. Selain itu, Anda juga dapat berjalan-jalan menelusuri perkebunan teh di tempat ini. Info lebih lengkap tentang Dataran Tinggi Cameron: Cameron Highland.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Di Negara Bersyariat Islam, Brunei Darussalam

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini