Nongki.net – Siapa sih yang tidak ingin berwisata ke Turki? Turki adalah sebuah negara di kawasan Timur Tengah yang tersohor akan kekayaan sejarah dan budaya, serta keunikan alamnya.

Negara yang berada tepat di dua benua ini memiliki keindahan alam yang dapat membuat wisatawan terpesona. Selain itu keindahan alamnya, Turki juga menyimpan banyak bangunan bersejarah yang hingga kini masih terawat dengan baik.

Tempat-tempat bersejarah ini tentunya memiliki banyak cerita yang mungkin bisa menambah pengetahuan Anda. Tak heran, jika banyak wisatawan dari berbagai negara rela merogoh koceknya dalam-dalam hanya untuk bertandang ke negara Kemal Attatuk ini.

Perpaduan budaya dari benua Asia dan Eropa yang sekaligus sejarah islam yang sangat kental. Tentu akan sebanding antara budget yang dikeluarkan dengan keindahan yang akan Anda dapatkan di negara ini.

Tak heran, jika kekayaan dan keunikan Turki pun diakui dunia dengan adanya 11 situs UNESCO World Heritage yang tersebar di seluruh penjuru negara ini.

Baca Juga:  VIDEO: 2 Tempat Wisata Menakjubkan China Selain Great Wall

1. Hagia Sophia – Istanbul

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Days In Santorini (@rubbersouldays) on

Jika Anda pergi ke Istanbul Turki maka tempat wisata yang wajib Anda kunjungi adalah Hagia Sophia. Meskipun bentuknya menyerupai masjid dengan beberapa kubah dan menara, namun bangunan ini sudah tidak dijadikan tempat ibadah melainkan museum.

Berdasarkan sejarahnya, Hagia Sophia merupakan salah satu bangunan historical di Turki. Pada saat awal berdiri, Hagia Sophia ini adalah gereja untuk umat Krsitiani, kemudian beralih fungsi menjadi masjid kekasisaran dan sekarang ini berubah menjadi Hagia Sophia museum.

Hagia Sophia merupakan salah satu arsitektur besar yang ada di Turki. Museum ini dibuka setiap hari kecuali hari Senin, mulai pukul 09.00 pagi waktu setempat. Hari Jumat adalah hari yang paling ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Hagia Sophia telah menarik jutaan wisatawan ke Turki setiap tahunnya karena arsitektur megahnya yang sudah dibangun berabad-abad yang lalu. Letaknya sendiri berhadapan dengan masjid terkenal yaitu Bleu Mosque.

Jika Anda ingin masuk ke dalam museum ini maka Anda akan dikenakan biaya sebesar 25 Lyra per orang. Selain melihat bekas gereja, masjid, dan juga sekarang dijadikan sebagai museum, Anda juga dapat membeli beberapa pernak-pernik toko souvenir yang disediakan di dalam museum. Jangan lupa juga untuk berfoto di depan Hagia Sophia Museum ya!

2. Selat Bosporus

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Johannes Moths (@johannes_moths) on

Wisata Turki selanjutnya yaitu Bophorus. Bosphorus adalah sebuah nama selat yang memisahkan dua benua yaitu Eropa dan Asia dan memiliki jembatan Bosphorus tepat di atas selat ini.

Jembatan yang memiliki panjang sekitar 1.510 meter ini selesai dibangun pada tanggal 30 Oktober 1973. Sebenarnya terdapat dua jembatan yang menghubungkan kedua benua ini, namun Jembatan Bosporus ini lah yang pertama kali dibangun.

Selat ini dapat dibandingkan dengan Grand Canal di Venesia karena penuh dengan perahu dan kapal serta fitur istana yang menakjubkan dengan pemandangan rumah tepi pantai di kedua benua. Anda tentu tidak boleh melewatkan jembatan ini saat pergi ke Turki.

3. Cappadocia

 

View this post on Instagram

 

A post shared by @_elei_ on

Cappadocia adalah sebuah tempat bersejarah yang berada di Provinsi Nevsehir, Anatolia Tengah, Turki. Jika Anda singgah ke tempat ini, ada banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan di daerah Cappadocia.

Mulai dari mencoba menunggang kuda pada saat sore menjelang. Jalan-jalan berkeliling di daerah bersejarah ini. Hingga menyaksikan pemandangan balon udara yang memenuhi langin Cappadocia ini.

Selain itu terdapat satu hotel yang berbeda dari tempat lainnya di dunia, yaitu Anda dapat mencoba bermalam di hotel dalam goa. Tentu saja interior bagian dalamnya modern, sehingga Anda tetap bisa menikmati sensasi menginap di dalam hotel yang memiliki eksterior dan interior dalam goa.

Baca Juga:  7 Tempat Wisata Taiwan Ini Gak Bikin Kantong Bolong

4. Underground City of Kaymakli

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Наталія Лисович (@natalia_lys) on

Tempat yang selanjutnya yang wajib Anda kunjungi di Turki yaitu Underground City of Kaymakli. Kota Bawah Tanah Kaymakli ini masih berada di daerah yang sama yaitu di Cappadocia.

Kota Kaymakli ini merupakan kota terbesar di Cappadocia. Dulunya desa ini dihuni oleh sekitar 10.000 orang lebih. Karena dibangun di bawah tanah menjadikan kota Kaymakli sebagai tempat berlindung yang aman dari hawa dingin dan juga serangan hewan-hewan buas.

Anda bisa menikmati 4 dari 8 lantai bawah tanah di Kaymakli, arsitektur dan juga sususan desa ini akan membuat Anda kagum akan keindahannya.

5. Goreme Open Air Museum

 

View this post on Instagram

 

A post shared by A N D R E E A M A D L E N (@andreeamadlen) on

Tempat ke-5 yang wajib Anda kunjungi selanjutnya adalah Goreme Open air museum. Goreme ini merupakan salah satu situs warisan dunia yang sudah ditetapkan oleh UNESCO. Museum udara terbuka ini memiliki kurang lebih sekitar 30 ukiran gereja batu dan juga kapel yang menarik.

Goreme open air museum ini juga biasnaya dijadikan sebagai tempat berziarah bagi umat kristiani dan juga katolik. Tempat yang sudah berdiri sejak tahun 900-1200 Masehi ini sampai sekarang masih terawat dan mempertahankan keunikannya. Anda bahkan bisa melihat ukiran di batu atau dinding gereja yang masih asli dan terawat dengan baik.

Disana juga ada dark church yang dindingnya dipenuhi dengan kotoran merpati dimana kita bisa menemukan seni Bizantium yang menakjubkan.

6. Salt Lake

 

View this post on Instagram

 

A post shared by İbrahim HÜVEZ (@borntotraveltr) on

Selanjutnya Anda bisa mengunjungi Salt Lake atau yang bernama Danau Van di Turki. Danau Van ini sendiri terletak di bagian timur Turki. Danau air asin yang dulunya merupakan gunung berapi namun sekarang gunung ini sudah tidak aktif lagi.

Ketika pagi hingga siang hari, air di danau asin ini memiliki permukaan air yang sangat jernih. Sehingga ketika Anda berdiri di atas danau ini, Anda seolah-olah sedang berdiri di atas cermin. Jangan lupa untuk berfoto jika mampir ke Salt Lake Turki ya.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Vietnam Yang Wajib Dikunjungi

7. Ataturk Museum

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Julianna Hevdi (@juliannahevdi) on

Tempat wisata Turki selanjutnya adalah Ataturk Museum. Jika Anda ingin mengetahui sejarah Turki secara detail, maka Anda wajib untuk singgah ke museum satu ini.

Museum ini sebenarnya adalah rumah milik Mustafa Kemal Ataturk yang merupakan seorang pendiri Turki atau dikenal sebagai Bapak Turki. Beliau lahir di tempat ini pada tahun 1881.

Bangunan museum ini memiliki 3 lantai dan memiliki koleksi benda-benda yang masih asli dan terjaga milik Ataturk sendiri.

8. Taman Emirgan Tulip

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Gonul Engin Yilmaz (@gonulenginyilmaz) on

Tempat terakhir yang wajib Anda kunjungi ketika liburan di Turki adalah Taman Emirgan Tulip. Taman ini merupakan taman yang paling populer di Turki. Mengapa menjadi populer? Karena di taman ini Anda bisa melihat keindahan Permadani Tulip yang indah. Tidak hanya di Belanda, saat pergi ke Turki pun Anda dapat menikmati pemandangan kebun tulip di taman ini.

Anda dapat melihat keindahan bunga Tulip yang mekar dengan indahnya setiap bulan April. Bahkan di taman ini bunga Tulip yang mekar dihias menjadi berbagai macam bentuk sehingga akan menjadikan taman ini super cantik. Sehingga wajib sekali untuk mengunjungi taman yang satu ini ketika pergi ke Istanbul.

Namun jika pergi ke taman ini, disarankan agar jangan merusak keindahan tamannya dengan berfoto di tengah bunga atau menginjak bunga tulipnya. Bisa-bisa Anda akan diamankan pihak penjaga, jadi berfoto yang wajar-wajar saja ya!

Anda tidak akan dikenakan biaya apapun untuk masuk ke taman ini, tetapi hanya membayar biaya parkir 1-2 jam sekitar 50 ribuan saja jika dirupiahkan.

Selamat merencanakan liburan ke tempat Wisata Turki ya!

Baca Juga:  10 Tempat Wisata Di Negara Bersyariat Islam, Brunei Darussalam

Please rate this

Tinggalkan sebuah komentar

Sila masukan komentar Anda!
Silakan masukan nama Anda di sini